Tahu dan tempe merupakan makanan yang sudah sangat familiar di Indonesia. Setiap orang pasti sudah merasakan tahu dan tempe. Dua jenis makanan Indonesia ini terbuat dari bahan yang sama, yaitu kedelai, namun dengan cara pengolahan yang berbeda.

Tahu tempe
tahu dan tempe

Tempe merupakan hasil dari fermentasi kedelai dan ragi. Sedangkan, tahu dibuat dari kedelai yang direbus dan dihaluskan. Namun, keduanya diolah dengan cara yang hampir sama. Tahu biasa diolah dengan digoreng langsung. Olahan tahu dapat berupa tahu goreng, sup tahu, dan bisa dikombinasikan dengan berbagai macam bahan lain. Sedangkan tempe biasa diolah dengan digoreng biasa dan olahan lain seperti tempe penyet.L

Perbandingan Gizi

Jika dibandingkan secara kandungan gizi, sebenarnya keduanya sama-sama memberikan kandungan gizi yang sama. Karena keduanya berasal dari bahan utama yang sama, yaitu kedelai. Namun, tempe memberikan kandungan gizi yang lebih banyak karena adanya ragi di dalamnya. Hasil fermentasi yang menghasilkan jamur, juga memberikan tambahan nutrisi pada tempe.

Perbandingan Rasa

Berbicara masalah rasa, itu merupakan hal relatif yang setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Tahu memberikan tekstur yang renyah di luar, dan lembut di dalam (jika digoreng). Tahu lebih fleksibel diaplikasikan ke makanan atau olahan apa saja, karena teksturnya yang lembut sehingga bisa menyerap bumbu lebih mudah. Berbeda dengan tahu, tempe memiliki tekstur yang lebih keras. Tempe lebih mudah memberikan efek kenyang karena isianya padat dan cocok untuk menjadi makanan pada makan besar. Tempe sebenarya juga cukup fleksibel untuk diaplikasikan atau dihidangkan dengan bahan makanan yang lain. Namun tempe relatif membuat perut cepat kenyang, sehingga kurang cocok jika diaplikasikan atau diolah dengan bahan makanan yang lain. Oleh karena itu, tempe lebih sering dihidangkan sebagai menu utama.

Varian Olahan Tahu dan Tempe

Karena tahu dan tempe merupakan makanan yang sangat familiar di Indonesia. Keduanya sudah sangat sering digunakan dan dimasak di dalam masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, keduanya cukup mudah untuk diolah. Tahu, relatif lebih memiliki banyak varian olahan. Olahan dari tahu dapat berupa :

  1. Tahu goreng
  2. Nugget Tahu
  3. Martabak Tahu
  4. Tahu isi
  5. Tahu Bulat
  6. Semur Tahu
  7. Tahu Sakura
  8. Perkedel Tahu
  9. Opor Tahu dan Ayam
  10. Mie Kuah Tahu
  11. Hingga, Tahu Ini Kan

Sedangkan tempe, juga memiliki berbagai variasi olahan seperti berikut :

  1. Tempe penyet
  2. Semur tempe
  3. Kering tempe
  4. Nugget tempe
  5. Tempe toge

dan lain sebagainya.

Jadi setelah membaca perbandingan di atas, jadi team manakah kamu, Tahu atau Tempe?

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *